Kepemimpinan Visioner dalam Menciptakan Organisasi Pembelajar yang Baik di TK  Pertiwi II, Karangduwet, Karangrejek, Wonosari

Main Article Content

Shalaheldin Shidiq
Sekar Yektiningsih
Friska Fara Eka Haryani
Nendi Nur Asqolani

Abstract

Kepemimpinan visioner memiliki peranan penting dalam menciptakan organisasi pembelajar yang efektif, terutama di lembaga pendidikan seperti Taman Kanak-Kanak Pertiwi II. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan kepemimpinan visioner dan dampaknya terhadap pengembangan organisasi pembelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, melibatkan wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah dan staf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berhasil menerapkan gaya kepemimpinan visioner dengan melibatkan seluruh anggota dalam merumuskan visi dan misi. Selain itu, kepala sekolah berfungsi sebagai agen perubahan yang mendorong inovasi dalam proses pembelajaran dan kolaborasi antara staf. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan visioner sangat efektif dalam meningkatkan kualitas organisasi pembelajar, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap mutu pendidikan di TK Pertiwi II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarwati, A. (2018). Perilaku dan Teori Organisasi. In Media Nusa Creative (Issue April). https://doi.org/10.1111/j.1469-0691.2011.03558.x/pdf

Ariwidodo, D. P., Budiyanto, F., & Zaqiyah, N. Z. N. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Tingkat Pendidikan Dan Karakteristik Terhadap Kinerja Kepala Desa. Emas, 1(2), 94–101. https://journal.unimas.ac.id/index.php/emasunimas/article/view/65%0Ahttps://journal.unimas.ac.id/index.php/emasunimas/article/download/65/223

Ayu, N., Murniati, N., & Ginting, R. B. R. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER, KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MUTU SEKOLAH SMA NEGERI. 4(3), 738–747.

Budi M. Hanif, S. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah MIN 13 Ngawi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SALIMIYA : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 152–170.

Cahyadi, L. (2021). Memahami Learning Organization. Memahami Learning Organization Forum Ilmiah, 18(9), 381–390.

Fajar, A., & Nugraha, M. S. (2023). Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mts Ylpi Ibaadurrahman Kota Sukabumi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 45–56. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/753/635

Fithriyyah, M. U. (2021). Dasar-dasar Teori Organisasi. https://repository.uin-suska.ac.id/59799/1/Dasar-Dasar Teori Organisasi.pdf

Harnisah, Y., Malik, I., Makassar, U. M., Makassar, U. M., & Makassar, U. M. (2023). LEARNING ORGANIZATION PADA PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DAN KAJIAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN LAN RI MAKASSAR. Jurnal UNISMUH, 4.

Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis).

Hayatunnisa, Khoriroh, F., Fauzi, A., & Zohriyah, A. (2024). Peran Pemimpin Visioner pada Lembaga Pendidikan MI Mutaalimin Cigudang. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4, 550–558.

Indrati, B., Abdullah, T., & Retnowati, R. (2022). Meningkatkan Produktivitas Kerja Melalui Penguatan Kepemimpinan Visioner, Iklim Organisasi dan Kreatifitas. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(2), 101. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i2.19233

Muis, I., & Isyanto, P. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Organisasi: Organisasi Pembelajaran sebagai Mediator. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), 160–175. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.543

Narulita Debora, V., Wahyudi, & Syukri, M. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Organisasi Di Sma Negeri 3 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2), 596–605. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i2.62928

Nasrullah, M., & Sulaiman. (2024). Strategi Membangun Organisasi Pembelajar Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01), 19–27. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.363

Nika, S., Hidayat, N., & Laihad, G. H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(02), 72–76. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/6102%0Ahttps://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/download/6102/3356

Nisa, K., Lucy Larassaty, A., & Nahdlatul Ulama Sidoarjo, U. (2024). The Effect Of Learning Organization And Self Efficacy On Employee Performance Through Knowledge Sharing. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2722–2737. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Novianti, R., Rahardja, S. J., Muhyi, H. A., & Purbasari, R. (2024). Urgensi Learning Organization dengan Peran Kepemimpinan Digital dan Penerapannya sebagai Budaya Organisasi. Jurnal USAHA, 5(1), 8–19. https://doi.org/10.30998/juuk.v5i1.2516

Priyono. (2023). Pengaruh Learning Organization Terhadap Work Engagement Karyawan PT PLN Nusantara Power. Cakrawala Repositori IMWI, 6(3), 634–640. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i3.258

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko Sekolah Dasar Negeri Soko , Lamongan , Jawa Timur , Indonesia Principal ’ s Visionary Leadership on School Quality at SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1(4), 151–160.

Puspita Sari, A., Irtika, R., Dwi Anugrah, D., & Cahya Puspita, M. (2024). Analisis Kurikulum Pendidikan Di Taman Kanak Kanak Anggrek Kecamatan Sukarami Palembang. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 3(01), 222–231. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v3i01.884

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Sakinah, P., & Dyahjatmayanti, D. (2022). Penerapan Organisasi Pembelajar ( Learning Organization ) pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Lombok. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3226–3241.

Samsinar, R., Isyanto, H., Hanif, B. Al, Lutfi, L., & ... (2023). Manajemen Sarana Prasarana di Taman Kanak-kanak ’Aisyiyah 35 Kemayoran Jakarta. Prosiding Seminar …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/19576

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Yanto, T., Syaodih, C., Puspitasari, D., Septima, D., & Restiana, R. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN Bojongsoang 1. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(2), 366–377. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.574..Visionary

Zebada Faustina Agrippine Amahorseya, M., Ketut Atmaja Johny Artha, I., & Yulianingsih, W. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Taman Kanak-Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 640–650. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.350